Rabu, 24 Oktober 2018

Pulau Dewata Juga Memilki Sajian Kuliner yang Lezat Loh Penasaran ??? Makanan Khas Bali

Bali tak hanya dikenal dengan panorama alamnya yang indah serta tempat - tempat wisatanya yang eksotis. Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia Ibu kotanya adalah "Denpasar" Bali terkenal dengan tujuan wisatanya yang unik serta berbagai hasil kebudayaanya. Mayoritas penduduknya menganut kepercayaan Hindu.

Para wisatawan asing sering berkunjung ke Bali seperti wisatawan Australia dan Jepang. Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain dengan keindahaan alam, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan keseniaan dan budayanya yang unik serta menarik. Lokasi wisata yang paling ramai dikunjungi adalah Kuta Bali. Tetapi rasanya belum lengkap jika ada belum tahu atau sekedar mampir untuk mencicipi makanan khas Bali. Untuk itu bagi Anda yang saat ini sedang mencari apa saja sih pilihan menu makanan khas Bali Berikut kami sudah rekomendasikannya unutk Anda :


1. Ayam Betutu

     Betutu adalah lauk yang terbuak dari daging ayam atau bebek yang masih utuh serta diisi dengan bumbu, kemudiaan dipanggang dalam api sekam. Ayam Betutu telah dikenal di seluruh kabupaten Bali. Betutu digunakan sebagai sajian upacara keagamaan dan upacara adat serta hidangan dan di jual. Penggemarnya menu Ayam Betutu ini tidak hanya masyarakat Bali tetapi juga tamu mancanegara yang datang ke Bali. Ayam Betutu juga tersedia di berbagai Restoran - restoran dan hotel sekita Bali.


2. Babi Guling

    Awalnya Babi Guling pada mulannya digunakan untuk sajian pada upacara adat maupun keagamaan., namun saat ini Babi Guling telah terjual sebagai hidangan baik di warung - warung, rumah makan, bahkan hotel -hotel di daerah Bali dan lainnya. Isi didalam adalah bumbu dan sayuran yang kemudiaan dipanggang dan di putar-putar hingga matang.


3. Nasi Campur Ayam Bali
    
    Nasi Campur Ayam Bali adalah salah satu makanan khas Bali, yang paling populer bagi mereka asli penduduk Bali. Biasanya menu makanan ini dihidangkan bersamaan dengan lauknya seperti : Sayur Urap, Sate Lilit, Sambal Matah, Ayam Suwir, Teri Kacang.


4. Sate Lilit Bali
   
    Sate Lilit adalah makanan sajian khas Bali, Sate ini terbuat dari campuran daging ayam, sapi, dan ikan kemudiaan dicampur dengan parutan kelapa, santan kental, lemon, bawang merah, dan lada. Daging cincang yang dibumbui ini dililit bambu, batang tebu, serai, lalu kemudiaan dipanggang dengan arang. Khasnya Sate Lilit Bali ini memang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan sate lainnya pada umumnya.


5. Lawar Kuwir

    Lawar adalah hidangan yang dibuat dari campuran sayuran, kelapa dan daging cincang dicampur bumbu yang kaya rempah - rempah. Hidangan ini juga umumnya biasa anda temukan di restoran dan warung di Bali.

 
6. Rujak Kuah Pindang

    Selama ini kita mengenal makanan rujak, baik rujak buah, rujak sayur maupun rujak cingur, yang biasa disajikan dengan bumbu kacang. Namun bagaimana dengan Rujak Kuah Pindang ? Mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu atau bahkan belum pernah menikmati rujak ini, tentunya yang pernah singgah ke pulau dewata pasti tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Rujak ini bebrebeda dengan rujak lain pada umumnya Rujak ini terdiri dari bahan buah dan sayuran yang dirajang seperti bengkuang, mangga muda, timun, nanas, dan juga jambu air. Kemudiaan disiram dengan kuah air rebusan ikan pindang yang dicampur dengan gerusan cabai dan terasi. Rasanya cukup segar pedas dan lain daripada rujak lainnya.


7. Serombotan

    Srombotan adalah sayuran khas klungkung Bali, terbuat dari sayur buah botor muda dan kecipir, terong bulat, pare, toge, kubis yang dimasak setengah matang. kemudiaan diberi bumbu yang disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbuikan kunyit, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Kalas inilah yang menjadi ciri khas Serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya yang bercampur ubi jalar. Sayur ini sudah mendunia, karena restorant made dan beberapa  restorant di Bali menjadikannya sebagai hidangan utama pada menunya.


8. Tipat Blayag

     Blayag adalah Ketupat alias lontong yang dibungkus dengan janur. Dipakainya janur sebagai pembungkus makanannya dikarenakan memang kondisi geografi Daerah Bali Utara yang panas dan berpantai menyebabkan pohon kelapa mendominasi wilayah tersebut. Blayag rasanya sangat khas tidak terlalu lembek Blayag Kuah adalah salah satu olahan yang paling banyak digemari di seluruh Bali. Blayag disajikan dengan telor, ayam suir, toge, dan sambal. Kemudiaan disiram dengan kuah bersantan yang hampir sama seperti kuah kare dan di beri tambahan seperti kacang kedelai goreng. Rasanya benar - benar lezat cocok untuk menjadi sajian pelengkap sarapan anda.


9. Nasi Jinggo

    Nasi Jinggo adalah makanan siap saji khas Bali yang dikemas dengan daun pisang dengan porsi kecil. Nasi Jinggo disajikan dalam kemasan daun pisang. Isinya seperti Nasi putih sekepalan tangan, dengan lauk - pauk yang digunakanya seperti sambal goreng tempe, serundeng, dan ayam suwir. Penjual Nasi Jinggo sekarang juga menjual Nasi Jinggo dengan menjual nasi kuning, sementara untuk lauknya diberi variasi dengan daging sapi atau babi. Selain itu juga Nasi Jinggo juga disajikan dengan mie goreng atau telur.


10. Nasi Tepeng

      Nasi Tepeng merupakan makan khas yang berasal dari Gianyar Bali, makanan ini dimasak dengan campuran lengkap rempah - rempah dan lada yang membuat lidah anda terasa pedas. Makanan yang satu ini cocok sekali jika anda sangat menyukai makanan pedas. Ditambah dengan sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar