Rabu, 10 Oktober 2018

Bahaya 10 Jenis Makanan ini Tak Boleh Dipanaskan Berulang - ulang Kali Loh

Halo sobat Foodies, sudah tahu belum atau sudah pernah mendengar tentang pengaruh asupan makanan yang diakibatkan ketika anda menyajikan makanan sehari - hari melalui proses yang berulang kali ?? Ya ternyata memang benar meyajikan makanan yang lezat tentu harus disertakan nilai gizi dan nutrisinya, tetapi jika kita tidak mengetahui bentuk penyajian yang baik dan benar tentu akan mengakibatkan pengaruh yang buruk bagi kesehatan anda. Yuk selengkapnya mari kita bahas bersama:

1. Bayam

    Bayam adalah sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan vitamin dan nilai gizi lainnya, apabila bayam dipanaskan maka kandungan Nitrat( struktur kimia yang bersifat racun) akan berubah menjadi racun.


2. Kentang

     Kentang juga memiliki pengaruh yang sama seperti Bayam. Kentang apabila dipanaskan berulang kali maka kandungan nutrisinya akan menghilang, selain itu jika proses pemanasanya dilakukan secara berulang ulang maka resiko oksidasi juga akan terjadi. Keadaan ini justru akan sangat berbahaya karena Kentang akan akan berubah menjadi racun.


3. Jamur

     Jika anda menyajikannya dalam porsi yang cukup banyak maka sebaiknya dimakan dalam bentuk dingin saja. Jamur sendiri mengandung kandungan protein yang jika dipanaskan berulang kali maka kandungan proteinnya akan menghilang. Dan lebih buruknya lagi akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, atau perut terasa begah.


4. Ayam

     Ayam hampir sama dengan Jamur, jika Ayam dipansakan berulang - ulang maka tentunya akan mengalami proses perubahan komposisi proteinnya. Tips : jika anda ingin menghangatkannya kembali lakukan pemanasan dengan suhu api kecil. Dengan cara tersebut tentunya akan meminimalisir rusaknya zat gizi yang terdapat pada Daging tersebut.


5. Telur

      Telur akan sangat membabahayakan jika dipansakan secara berulang - ulang, Telur yang dimasak dalam keadaan bulat utuh akan lebih berbahya lagi jika dipanasakan karena bisa menjadi racun bagi Telur itu sendiri.


6. Seledri

     Seledri sama seperti Bayam, Seledri ini juga merupakan jenis makanan yang tidak bisa dipanasakan secara berulang kali. Seledri mempunyai kandungan Nitrat seperti Bayam yang jika dipansakan akan berubah menjadi asam nitrat.


7. Gorengan

     Gorengan adalah jenis makanan yang sudah tak asing lagi di telinga kita, Gorengan merupakan jajanan olahan yang memiliki  aneka rasa seperti manis dan asin dalam bentuk yang berbeda - beda penyajiannya.  Gorengan sering kita jumpai di waktu pagi hari camilan berat anda sebelum melakukan aktitivitas rutin, Namun ternyata makanan yang satu ini tidak baik dikomsusmsi karena selain panas, memiliki kandungan minyak yang berlebih ternyata Gorengan juga jika dipanasakan berulang - ulang maka akan menyebabkan minyak yang bertumpuk - tumpuk dan meningkatnya bahaya kolestrol di dalam tubuh.


8. Santan

     Santan merupakan jenis olahan yang berasal dari parutan kelapa akan terasa gurih jika dicampurkan dalam bentuk masakan apapun. Namun tahukah anda menghangatkan santan berulang kali ternyata ini  sangat tidak baik ketahuilah saat proses pemananasan secara berulang - ulang ini, lemak yang terdapat pada Santan akan berubah menjadi lemak jahat yang beresiko menimbulkan kolestrol berlebih.


9. Ubi

     Ubi mempunyai kandungan nitrat seperti sayuran Bayam dan Seledri. Jika terlalu sering dipansakan, kandungan nitrat ini akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Dianjurkan unutk mengkomsusminya setelah dimasak sekali saja.


10. Brokoli

       Brokoli memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh, mengkomsumsi Brokoli secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat. Namun Brokoli ini mempunyai sifat yang mirip dengan Bayam. Brokoli juga memiliki kandungan nitrat dan akan mengubahnya menjadi Asam Nitrat yang berbahaya bagi tubuh kita Sahabat foodies.
  
Berikut Efek dari makanan yang dipanasakan Berulang kali :
  • Kandungan dari nutrisisnya berkurang.
  • Makanan yang mengandung nilai gizi protein tidak dianjurkan untuk dipanaskan karena akan membuat protein berkurang.
  • Proses perkembangbiakan dalam tubuh :yang dimaksudkan adalah ketika anda menyimpan bentuk makanan apa saja di dalam lemari es tentunya pada suhu ini akan mengurangi proses bertumbuhnya bakteri, lalu anda panasakan kembali keesokan harinya maka bakteri tersebut bisa berkembang.
Jadi ada sebaiknya jika kita mulai mencegahnya Foodies, mulai dari sekarang hindari jenis makanan tersebut karena jika dipansakan berulang kali sudah pasti tahu akan menimbulkan pemicu yang bereaksi seperti apa nantinya bagi kesehatan tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar