Senin, 21 Mei 2018

Cara Membuat Martabak Manis - So Delicious

      Martabak merupakan salah satu jajanan favorit kita namun jajananan yang satu ini memiliki dua pilihan yaitu ada Martabak manis dan Martabak asin kedua martabak ini sekarang sudah memiliki jenis toping dengan varian rasa yang berebeda - beda tentunya. Dengan berkembangannya alat komunikasi di jaman sekarang ini anda bisa mengaksesnya dan mempelajari proses pembuatannya di rumah sendiri. Tanpa harus repot - repot berbelanja di luar rumah, Disini anda bisa mencobanya sendiri maka kami akan memberikan sepenuhnya resep menu "Martabak Manis" .


  • Alat dan Bahan-Bahan :
Mixing bowl, atau Mangkuk besar
Wajan teflon
20gr Mentega
500grm Tepung Terigu
1sdt Ragi
1 sdt Baking Powder
1 sdt Baking Soda
120 grm Gula
20 grm Susu Bubuk
1/2 sdt Garam
2 Telur
Toping Favoritmu : Cokelat, Kacang, Keju dll


  • Proses Pembuatan :
1. Masukan air ke dalam panci hingga benar - benar hangat, untuk penggunaan raginya sendiri tidak boleh terlalu panas kalau tidak ragi tersebut akan mati. Cairkan Mentega 20gr ke dalam air hangat tadi dan aduk supaya benar - benar meleleh.

2. Campurkan semua bahan tadi ke dalam Mixing bowl, atau Mangkuk besar seperti : 500grm Tepung Terigu, 1sdt Ragi, 1 sdt Baking Powder, 1 sdt Baking Soda, 120 grm Gula, 20 grm Susu Bubuk, 1/2 sdt Garam.

3 .Langkah selanjutnya masukan air hangat yang sudah di cairkan mentega tadi ke dalam Adonan kering. Masukan semua bahan aduk hingga merata, pecahkan 2 bh telur . Aduk kembali lalu kocok adonan supaya tidak menggumpal nantinya hasil akhirnya adonan tidak boleh terlalu kental dan terlalu cair. Jangan lupa untuk diamkan adonan selama waktu 1 jam tutupi dengan kain basah fungsinya supaya adonan bisa mengembang dengan sempurna.

4. Panaskan wajan dengan suhu sekecil mungkin tutup dahulu, Tuangkan adonan ke dalam wajan berapi sedang, Putar adonan secara merata hingga menutupi pinggirannya dengan mengunakan centongan. Masak hingga permukaanya bergelembung dan berongga. Tambahkan juga gula sesuai selera lalu tutup wajan tersebut tunggu agak kering sedikit.

5. Langkah akhir jika adonan sudah matang pastikan pinggiran membentuk crispi dan kering lalu angkat. Agar lembab lumuri dengan Mentega tak lupa untuk memberikan toping sesuai selera anda tambahkan susu kental manis. Hias dengan sempurna potong Martabk lipat menjadi dua bagian.
Martabak siap untuk anda Nikmati.


Terimakasih,
Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar