Jumat, 01 Juni 2018

"Ini Dia Soto Betawi Makanan Khas Jakarta"

Resep Menu Soto Betawi
 
     Pada jaman dahulu kala itu Soto Betawi di bawa oleh para pedagang Cina sejak tahun 1977-1978 seseorang yang pertama kali memperkenalkan  'Soto Betawi' pada penduduk indonesia itu adalah Lie Boen Po di THR Lokasari / Prisen Park, Tentunya dengan cita rasa sendiri. Soto Betawi merupakan makanan khas 'Ibukota Jakarta'.

Bahan-Bahan :
-2 Liter Air
-1/2 Kg Daging Sapi
-2 Batang Serai
-1 Batang Kayu Manis
-3 Lembar Daun Jeruk
-2 Butir Kapulaga
-1 Butir Kembang Lawang
-5 Butir Bawang Merah
-3 Siung Bawang Putih
-1/2 Sdt Makan Merica
-1 Sdm Garam & Gula
-3 Butir Kentang
-2 Liter Santan cair
-1 Butir Tomat
-2 Btg Daun Bawang
-1 Sdt Minyak
Cara Membuat :
-Pertama rebus dahulu 2 Liter Air fungsinya untuk merebus 1/2 Kg Daging Sapi. Setelah itu kita tunggu air hingga mendidih, Setelah mendidih kita bersihkan air rebusan Daging sapi tadi seperti kotoran-kotoran ataupun buihnya.

-Kedua Langkah selanjutnya Kita masukan bahan-bahan lain seperti : 2 Batang Serai, 1 Batang Kayu Manis, 3 Lembar Daun Jeruk, 2 Butir Kapulaga, dan 1 Butir Kembang Lawang. Untuk bumbu yang akan dihaluskan 5 Butir Bawang Merah, 3 Siung Bawang Putih, 1/2 Sdt Makan Merica.

-Ketiga Siapkan Wajan Penggorengan dan 1 Sdt Minyak Lalu tumis Bumbu yang sudah dihaluskan sampai bumbu terasa harum angakat dan sisishkan. Untuk bumbu yang sudah ditumis campurkan dengan air rebusan daging beri sedikit 1 Sdm Garam & Gula.

-Keempat kupas Kentang Potong 3 Butir Kentang menjadi beberapa bagian, Lalu goreng hingga matang. Jika Daging Sapi sudah matang potong juga menjadi dadu dan masukan kembali ke dalam air rebusan aduk ratakan tunggu hingga mendidih. langkah terakhir beri 2 Liter Santan cair aduk supaya santan tidak pecah.

-Kelima Hias Kentang di Mangkuk campurkan dengan kuah 'Soto Betawi' jangan lupa untuk memberi tambahan Tomat, Daun Bawang, Dan Bawang goreng.


Sajikan Bersama Keluarga Ataupun Kerabat Anda ..
Selamat Mencoba !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar