Rabu, 19 September 2018

10 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil - Rekomendasi Bunda

Dalam melewati masa kehamilan memang dibutuhkan Nutrisi -nutrisi yang baik  untuk seorang Ibu Hamil demi menjaga masa kehamilannya selain itu agar Janin sehat dan cerdas. Berikut 10 Makanan yang baik untuk ibu hamil yang kami rekomendasikan untuk para Bunda :

1. Sayur Kangkung Dan Bayam

Bayam
Kangkung
    Tanaman Kangkung di negara Indonesia tentunya sudah banyak digemari selain mudah didapatkan serta memasaknya pun cukup mudah. Namun dalam pengolahaanya ada baiknya mencuci sayuran dengan benar ya Bun, karena di dalam batang kangkung yang berongga sering kali menyimpan cacing untuk bersembunyi di dalamnya sedangkan cacing bisa masuk ke dalam perut manusia saat kondisi pengolahannya tidak matang.
   Karena umunya usia telur cacing menempel pada sayuran mentah sehingga pentingnya mencuci sayuran dengan bersih ya Bun, Kangkung juga bisa menjadi racun seperti sayuran hijau lainnya menurut para ahli, jika dihangatkan lagi maka sayuran tersebut akan melepaskan Nitrat yang menyebabkan menjadi racun itu sendiri. Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam Sayuran Kangkung Rahasia yang terdapat dalam kandungan Kangkung: Mengatasi Insomnia, Mencegah Sembelit, Cegah Anemia, Cegah Diabetasol Gestanol, Dukung Pertumbuhan Tulang dan Janin,serta Meningkatkan Imunitas dalam tubuh.
    Bayam sayuran hijau ini merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikomsumsi daunnya saja, tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropik namun sekarang sudah meyebar luas di berbagai belahan dunia. Tumbuhan bayam juga dikenal sebagai sayuran yang mengandung nilai zat besi tinggi, Folat, Serat Tinggi, Protein dll. Berikut beberapa manfaat yang baik jika dikomsumsi untuk ibu hamil : mencegah Anemia, Asam Folat tinggi, Membantu pertumbuhan paru-paru, Mencegah wasir, dan Mengurangi nyeri.



2. Yoghurt
Youghurt
   Selain teksturnya yang lembut dan memiliki rasa asam yang nikmat, Youghurt juga memiliki beberapa manfaat jika dikomsumsi untuk ibu hamil, masih banyak ibu hamil yang meragukan youghurt sebagai makanan yang aman saat dikomsumsi selama masa kehamilan. Kemungkinan hal ini disebabkan karena karena youghurt terbuat dari proses fermentasi dan dianggap mengandung alkohol di dalamnya.
  Akan tetapi youghurt merupakan makanan yang sehat dan aman tanpa mengandung alkohol saat dikosumsi. berikut beberapa khasiat yang terkandung di dalam Bayam : Sumber kalsium, prebiotik, Asupan protein, mengurangi resiko infeksi pada paru - paru dan janin, Mencegah cacat tabung dan saraf.



3. Telur Ayam
Telur
   Telur ayam dikenal  dengan Protein tinggi, memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik anak - anak, usia remaja maupun dewasa sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi dengan teratur. Kelelahan dan menambah kuat bisa digunakan untuk menambah kuat pada tubuh. Mengkomsumsi telur setiap harinya dalam masa kehamilan memang boleh - boleh saja namun ada resiko yang perlu ibu perhatikan.
  Telur, terutama bagian kuning telur mengandung kolestrol yang begitu tinggi, dalam satu butir telur terdapat 185mg. Sementara itu batasan kolestrol yang diperbolehkan dikomsumsi oleh orang dewasa yakni hanya sekitar kuarng dari 300mg kolestrol perharinya. Maka dari itu dianjurkan mengkomsumsi Telur secukupnya saja bila perlu dibatasi 3 sampai 4 minggu sekali ya Bun, Berikut beberapa manfaat mengkomsusmsi telur di masa kehamilan : Protein Telur amat penting dalam kehamilan, Manfaat telur aman bagi otak bayi, Telur memiliki kandungan yang diperlukan untuk menunjang kesehatan Ibu dan Bayi.



4. Jus Tomat
Jus_Tomat
  Tomat memiliki kadar kalori yang rendah yaitu hanya 18kalori per 100gram Tomat pada dasarnya bisa diolah menjadi makanan ataupun minuman. Tentunya semua orang bisa mengambil manfaat Jus Tomat sebagai Antioksidaan.
 Dalam buah Tomat sangat kaya akan kandungan senyawa baik, yang menyehatkan bagi ibu hamil dan perkembangan janinnya Manfaat Tomat bagi ibu hamil dari senyawa kompleks diantaranya : Mencegah pertumbuhan sel kanker pada ibu hamil, Mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, Membantu perkembangan siklus sel, Mengatasi Anemia untuk ibu hamil.



5. Alpukat

Alpukat
  Manfaat Alpukat ternyata penting sekali untuk kesehatan, banyak manfaat Alpukat yang tidak kita sadari dapat membantu kita mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan sistem Metabolisme dalam tubuh.
  Asam Folat menjadi kunci di dalam masa kehamilan Asam folat bertugas untuk memproduksi dan mengatur sel jaringan baru, Sejumlah pakar kesehatan menyebutkan bahwa asam folat dapat menurunkan resiko cacat lahir. Selain itu ada banyak juga manfaat lain yang terkandung dalam Buah Alpukat : Mencegah Anemia, Meningkatkan Fungsi pencernaan, Membantu Penyerapan Nutrisi, Menurunkan Kadar Kolestrol dan Gula darah, Mengatasi Kram, peradangan dan Mual serta Deformatas.



6. Kacang - Kacangan
Kacang
   Beberapa jenis kacang- kacangan dan biji bijian adalah makanan yang gurih dan lezat serta bergizi alami yang tinggi. Kacang -kacangan umumnya disajikan secara berbeda dan untuk keperluan memasak. Kacang - kacangan yang bisa dimakan termasuk kacang Filbert, kacang Pinus, Almond, Mete, Hazelnut dan Kacang tanah.
 Mungkin anda sudah tahu, kalau nyatanya seorang ibu hamil sangat membutuhkan asupan protein dalam jumlah yang cukup banyak hal ini dikarenakan setiap asupan makanan yang masuk kedalam ibu hamil juga bisa masuk kedalam janin untuk membantu tumbuh kembangnya. Hal ini bisa anda peroleh berikut rangkuman yang  sudah kami siapkan untuk para bunda : Kacang -kacangan merupakan sumber vitamin B dan E, Kacang -Kacangan juga mengandung kandungan mineral seperti Fosfor, Kalium, seng dan tembaga dalam jumlah yang penting untuk pertumbuhan janin.
  Hal lain juga yang perlu anda ketahui tentang kacang yaitu Apa pun yang berlebihan itu tidak baik, hal ini juga berpengaruh pada Kacang, Anak-anak cenderung akan alergi pada susu atau telur jika ibunya mengkomsumsi kacang di waktu masa kehamilan. 



7. Ubi Jalar
Ubi_Jalar
  Menjaga kebutuhan gizi pada ibu hamil itu sangatlah penting ibu hamil disarankan untuk mengkomsusmsi makanan sehat dan seimbang seperti karbonhidrat, buah dan sayuran, sumber protein dan kalsium. Ubi jalar memang mempunyai beberapa jenis yaitu Ubi Jalar Unggu, Ubi Jalar oranye, putih, kuning serta merah. Ubi jalar juga mengandung makanan yang bebas lemak sehingga aman untuk dikomsumsi bagi orang yang takut gemuk.
  Dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya Ubi jalar juga sangat berperan dalam menunjang masa kehamilan loh Bun, seperti : mencegah Pembengkakan dan Kram, Menurunkan darah tinggi, Meninggkatkan sistem imun, Mencegah Anemia, Mengatasi Sembelit, menjaga kesehatan Jantung, dan Menjaga Penglihatan.
  


8. Buncis
Buncis
 Buncis banyak sekali mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya untuk ibu hamil. Bahkan beberapa ahli kesehatan dan beberapa ahli kandungan menemukan kandungan yang terdapat di dalam Buncis dapat membantu mengurangi resiko penyakit asam pada bayi setelah besasr nanti.
 Dengan adanya penemuan tersebut disarankan Bunda untuk mengkomsumsi Buncis ya, berikut manfaat yang ditemukan oleh para ahli serta dibuktikan dalam usia anak yang sudah berusia 3 tahun berikut manfaatnya : Membantu mencegah cacat pada janin, Meningkatkan perkembangan pada bayi, Mencegah kanker dan menyembuhkan luka, Menjaga kesehatan mata, Membantu mengurangi resiko terkena serangan penyakit osteoporosis.


9.Ikan Laut
Ikan_Laut
  Bagi ibu hamil mengkomsusmsi Ikan Laut diyakini mampu mencerdaskan otak janin yang dikandungnya, Karena Ikan Laut bermanfaat bagi ibu hamil kecerdasaan itu akan semakin terlihat saat saat anak berusia 3tahun. Ikan Laut segar sangat dianjurkan bagi para ibu hamil Ikan Laut yang kaya akan protein akan mencegah proses kebutaan. Manfaat itu juga bisa diperoleh dari sayuran hijau seperti (Brokoli, Bayam, dan Buncis).
  Para ahli mengatakan bahwa jika kita tidak menyertakan kedua makanan tersebut maka kelak anaknya akan membutuhkan kacamata kelak. Meskipun begitu masalah penghlitan dapat dihindari sebelum melahirkan yaitu dengan cara mengkomsusmsi makanan yang mengandung kandungan DHA seperti Ikan Laut.



10.Biji Bunga Matahari
Biji_Bunga_MAtahari
    Untuk seorang ibu yang sedang hamil pastinya ingin memiliki anak yang sehat dan saat masa kehamilan seorang ibu berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi saat masa kehamilan. Juga perlu diketahui kandungan apa saja yang diperoleh saat memenuhi kebutuhan masa kehamilan.
  Walaupun kandungan gizi naik untuk tubuh namun tidak terlalu direkomendasikan untuk ibu yang sedang hamil, walau begitu tidak menutup kemungkinan bahwa banyak manfaat kesehatan yang terdapat pada Biji Bunga Matahari. Biji Bunga Matahari terkandung hampir 90% dari vitamin, phytohemical, protein, mineral, Anitoksidaan dan minerla yang baik. Vitamin E yang baik sangat berperan untuk menjaga Antioksidaan di dalam tubuh melindungi tubuh dari kerusakan radiasi.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar